Pages

Minggu, 07 Oktober 2018

Soal PTS Teknik Animasi 3 Dimensi kelas XI



PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

Mata Pelajaran : Teknik Animasi 3 Dimensi                KKM               : 78
Kelas                : XI (sebelas)                                        Hari/Tanggal   : Senin, 8 Oktober 2018


Jawablah Soal Berikut dengan Tepat dan Benar!
1.             Sebutkan minimal 3 aplikasi yang dapat membuat objek/animasi 3 dimensi!
2.             Apa yang dimaksud dengan vertex?
3.             Apa yang dimaksud dengan face?
4.             Mode apakah supaya objek dapat diedit sesuai keinginan?
5.             Sebutkan fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yang sudah disediakan oleh Blender!
6.             Apa fungsi dari fitur mirror pada aplikasi Blender?
7.             Mode tampilan supaya objek/animasi tampak bagian depan yaitu dengan menggunakan mode tampilan?
8.             Tombol pintas E adalah untuk?
9.             Tombol pintas K adalah untuk?
10.         Tombol pintas Ctrl+A adalah untuk?
11.         Tombol pintas Ctrl+R adalah untuk?
12.         Tombol pintas Shift+A adalah untuk?
13.         Tombol pintas Shift+D adalah untuk?
14.         Sebutkan 5 tahapan proses animasi 3 dimensi!
15.         Jelaskan langkah-langkah untuk memasukkan sebuah gambar pada aplikasi Blender yang bertujuan untuk menjiplak/meniru suatu objek pada gambar tersebut menjadi animasi 3 dimensi!




Kunci Jawaban
1.             Blender, Maya 3D, dan 3D Max Studio
2.             Vertex adalah sebuah titik pada bidang 3 dimensi
3.             Face adalah sebuah permukaan bidang 3 dimensi
4.             Edit Mode
5.             Subdivision Surface
6.             Mirror berfungsi untuk mencerminkan bidang objek 3 dimensi
7.             User Otrho
8.             Untuk meng-extrude/meneruskan sebuah bidang 3 dimensi
9.             Untuk memotong (knife tool) sebuah face dengan menciptakan sebuah edge baru
10.         Memunculkan menu Apply
11.         Untuk memberikan/membuat sebuah garis/adge pada bidang 3 dimensi dengan posisi horizontal atau vertikal
12.         Untuk menampilkan menu Add (menambahkan objek 3 dimensi yang disediakan oleh aplikasi Blender)
13.         Untuk menduplikasi objek 3 dimensi
14.         Modeling, Texturing, Lighting, Rigging, dan Animation
15.         Cari gambar pada menu exploler, kemudian drag dan rop gambar tersebut ke aplikasi Blender, gambar akan muncul pada posisi User Ortho.
 

0 komentar:

Posting Komentar