PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
Mata Pelajaran : Desain Multimedia Interaktif KKM :
80
Kelas : XII (duabelas) Hari/Tanggal : Rabu, 10 Oktober 2018
Jawablah Soal Berikut dengan Tepat dan Benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan
multimedia interaktif?
2.
Sebutkan dan jelaskan 3 struktur flowchart!
3.
Sebutkan perbedaan antara
struktur navigasi linear dengan struktur navigasi hierarchi!
4.
Apa yang dimaksud dengan storyboard?
5.
Sebutkan prinsip-prinsip pada
desain antarmuka pengguna yang kamu ketahui!
6.
Apa yang dimaksud dengan ease of use pada salah satu prinsip user interface design!
7.
Sebutkan perbedaan antara expert user dengan novice user!
8.
Pada sebuah aplikasi harus
mempunyai sistem help untuk pengguna.
Apa fungsi dari sistem help tersebut?
9.
Kenapa dalam mendesain user
interface harus ada template, menu
dan tombol?
10.
Sebutkan aplikasi apa saja yang
diperuntukkan membuat sebuah desain multimedia interaktif!
11.
Pada Adobe Flash, tobol pintas
Ctrl+Enter adalah untuk?
12.
Sebutkan perbedaan antara Frame dan Keyframe!
13.
Pada Adobe Flash, tobol pintas T
berfungsi untuk?
14.
Apa fungsi dari Create Classic Tween pada aplikasi Adobe
Flash!
15.
Menggunakan perintah action apa supaya penganimasian pada
Adobe Flash tidak mengulang ke frame
awal?
Kunci Jawaban
1.
DMI adalah suatu desain
multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh
pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses
selanjutnya.
2.
Struktur squence, struktur
balanching, dan struktur looping
3.
Struktur linear merupakan
struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berurut sedangkan struktur
navigasi hierarchi merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk
menampilkan informasi yang berdasarkan criteria tertentu.
4.
Storyboard adalah jalan lain
untuk menjelajahi kemungkinan narasi atau untuk melatih sebuah penampilan.
5.
User Compatibility, Product
Compatibility, Task Compatibility, Work Flow Compatibility, Consistency,
Familiarity, Simplicity, Direct Manipulation, Control, What You See Is What You
Get, Flexibility, Responsiveness, Invisible Technology, Robustness, Protection,
Ease of Learning, dan Ease of Use.
6.
Ease of use ialah ptinsip dimana aplikasi
harus mudah digunakan oleh orang awam.
7.
Expert user (dedicated user)
adalah pengguna komputer yang berpengalaman yang banyak menghabiskan waktunya
untuk menggunakan program aplikasi khusus, sedangkan Novice user (casual user)
adalah pengguna komputer yang pengalamannya lebih sedikit yang biasanya
menggunakan komputer pada frekuensi sedikit atau bahkan pada saat-saat tertentu
saja.
8.
Help system merupakan buku
panduan bagi pengguna dalam memakai aplikasi/interface tersebut.
9.
Supaya terkesan rapih dan menarik
10.
Power Point, Adobe Flash,
Macromedia Flash, dll.
11.
Test Movie
12.
Pada Adobe Flash, frame adalah
slide kosong, sedangkan keyframe adalah slide yang sudah ada isinya baik berisi
teks, gambar, audio, dan video.
13.
Untuk membuat teks (text tool)
14.
Untuk menggerakan suatu objek
15.
Stop();
0 komentar:
Posting Komentar