Mata Pelajaran : Produktif Multimedia
Paket Keahlian : Kerja Proyek Multimedia
Kelas : XII (duabelas) Multimedia
Satuan Pendidikan : SMK Informasi Teknologi Istana Mulia
I. Pilihan Ganda
1. Tujuan pembuatan proposal adalah ….
a. Alat untuk meyakinkan inverstor
b. Alat untuk meningkatkan kinerja
c. Alat untuk meningkatkan hubungan kerja
d. Alat untuk meraih keuntungan
e. Alat untuk memperjelas keuntungan
2. Berikut ini dasar perhitungan biaya, kecuali ….
a. Daftar tugas khusus
b. Path
c. Kalender detail
d. PERT
e. Jam kerja
3. Metode sudut pandang kamera yang dapat
dicantumkan pada proposal kegiatan video shooting yaitu ….
a. Stockshot
b. Close up
c. DV
d. Linked zoom
e. Pan
4. Berikut ini merupakan susunan panitia proposal
kegiatan multimedia kelas XII, kecuali ….
a. Penata naskah
b. Ketua
c. Bendahara
d. Sekretaris
e. Penanggung jawab
5. Peralatan yang dapat dicantumkan pada proposal
pengambilan foto kegiatan multimedia kelas XII, kecuali ….
a. Kamera digital
b. Handycam
c. Kain latar belakang
d. Tripod
e. Lighting
6. Tenaga kerja yang membuat animasi produk yang
akan ditawarkan yaitu ….
a. Graphics designer
b. Flash programmer
c. 2D dan 3D animator
d. Video editor
e. Audio editor
7. Berikut ini contoh sumber dana yang dapat
digunakan untuk membiayai kegiatan, kecuali ….
a. Kontribusi peserta
b. Retribusi
c. Kas organisasi
d. Sponsorship
e. Subsidi institusi
8. Peralatan yang dapat dicantumkan pada proposal
untuk kegiatan video shooting, kecuali ….
a. Kain latar belakang
b. Lighting
c. Handycam
d. Tripod
e. Kamera digital
9. Tenaga kerja yang membuat opening dan bumper
pada video profile, banner, animasii background yaitu ….
a. Video editor
b. Audio editor
c. Graphics designer
d. Flash programmer
e. 2D dan 3D animator
10. Tenaga kerja yang menterjemahkan strutur menu
yang sudah dipersiapkan menjadi sebuah software multimedia interaktif, yaitu ….
a. Video editor
b. Audio editor
c. Graphics designer
d. Flash programmer
e. 2D dan 3D animator
11. Berikut ini merupakan kategori dari 5W,
kecuali ….
a. Wheat
b. Where
c. What
d. When
e. Why
12. Tenaga kerja yang membuat tampilan interface,
photo retouch, background, logo, layout, ilustrasi, tombol, yaitu ….
a. Video editor
b. Audio editor
c. Graphics designer
d. Flash programmer
e. 2D dan 3D animator
13. Berikut ini contoh penggunaan anggaran biaya
kegiatan, kecuali ….
a. Biaya atk
b. Konsumsi
c. Kas
d. Penggandaan
e. Honor narasumber
14. Tenaga kerja yang menggabungkan video, audio, dan gambar menjadi sebuah video yang artistic dan final, yaitu ….
a. Video editor
b. Audio editor
c. Graphics designer
d. Flash programmer
e. 2D dan 3D animator
15. Berikut ini contoh sumber informasi umum
mengenai paluang bisnis yaitu melalui ….
a. Proposal
b. Kontrak
c. Pelaporan
d. Internet
e. Majalah dinding
16. Peralatan yang digunakan untuk membuat produk
multimedia video, kecuali ….
a. Softbox
b. Payung reflector
c. Lighting
d. Hardbox
e. Camcorder
17. Factor yang harus dimiliki oleh tim penyusun
proposal adalah ….
a. Inovatif
b. Tangkas
c. Perhatian
d. Tekun
e. Disiplin
18. Berikut ini isi dari strategi kreatif, kecuali ….
a. Keistimewaan barang
b. Keuntungan yang besar
c. Sajian yang menarik
d. Kegunaan
e. Kualitas
19. Berikut ini aspek jadwal pembagian waktu,
yaitu ….
a. Batasan tugas
b. Batasan kinerja
c. Batasan waktu
d. Batasan manfaat
e. Batasan kepemilikan
20. Berikut ini kriteria proposal yang baik
adalah ….
a. Mempunyai penjelasan yang rinci
b. Nilai penawaran yang besar
c. Nilai pembelian yang kecil
d. Sistematis
e. Detail
21. Yang merupakan alir proses produksi produk
multimedia adalah..
a. Pre-production, production, post-production
b. Production, pre-production, post-production
c. Production, pre-production, post-production
d. Post-production, pre-production, production
e. Pre-production, post-production, production
22. Di bawah ini bagian dari pre-production, kecuali…..
a. Hunting lokasi
b. Pembuatan storyboard
c. Ide dan konsep
d. Pembuatan script
e. Riset desain
23. Yang merupakan pengertian dari production adalah………
a. Tahap awal pengumpulan semua data dan elemen yang berkaitan dengan produksi
b. Tahap pemyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian yang meliputi pengeditan gambar, penataan title, grafik, animasi, dan special effect, music, sound effect, audio dubbing.
c. Tahap eksekusi lapang berupa syuting, yang mengacu
pada persiapan yang dihasilkan dari proses pre-production
d. Proses pemberian label pada kepingan CD/DVD, dan pembuatan cover CD/DVD tersebut
e. Penjelasan secara singkat tentang ide cerita, yang akan memberikan batasan
dalam pembuatan script, sehingga tidak keluar dari tema.
24. Offline editing merupakan bagian dari proses….
a. Pre-production
b. Editing
c. Production
d. Logging
e. Post-production
25. Di bawah ini merupakan bagiann dari humanware dalam aspek penunjang multimedia, kecuali..
a. Juru kamera
b. Kamera video
c. Sutradara
d. Animator
e. Penulis scenario
26. Langkah terakhir yang dilakukan dalam proses purna produksi adalah..
a. Mengeluarkan produk pertama
b. Pengujian akhir
c. Penilaian
d. Menyimpan semua bahan produksi
e. Meninjau kembali perangkat lunak dan konten
27. Tahap akhir penyempurnaan software atau produk multimedia yang telah dibuat dalam proses produksi, merupakan pengertian dari…
a. Tes awal
b. Membangun versi alfa
c. Evaluasi
d. merevisi desain
e. Membangun versi beta
28. Berikut adalah langkah-langkah dalam penentuan konsep atau ide pada proses pra produksi, kecuali
a. Menentukan judul
b. Menentukan target audience
c. Menentukan rencana kerja
d. Menentukan gambar yang akan ditampilkan
e. Menentukan gaya yang ingin ditampilkan
29. Yang bukan merupakan aspek penunjang dalam membuat produk multimedia adalah.
a. Perangkat lunak
b. Beta testing
c. Hardware
d. Humanware
e. Perangkat keras
30. Yang merupakan pengertian dari storyboard, adalah…
a. Penjabarab tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar
c. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungna dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Daftar table yang ditandai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan.
31. Menentukan bentuk isi cerita yang ingin ditampilkan, informasi property yang akan digunakan, gambar yang akan ditampilkan baik berupa video, animasi maupun image, kebutuhan sound merupakan proses-proses yang dilakukan pada tahap…
a. Penentuan konsep/ide
b. Budgeting
c. Perencanaan produksi
d. Scheduling
e. Desain
32. Yang termasuk dalam aspek penunjang humanware dalam pembuatan produk multimedia adalah…
a. Software
b. Editor
c. Hardware
d. Linier
e. Processor
33. Tidak membuat audience salah persepsi terhadap pesan yang disampaikan adalah maksud dari..
a. Eye contact
b. Misunderstanding
c. Feedback
d. Release golden master
e. Audience effect
34. Beta testing adalah..
a. Pengujian akhir dari penyempurnaan software atau produk multimedia yang melewati proses produksi..
b. Evaluasi kembali produk multimedia yang telah melewati proses produksi
c. Meninjau kembali konsep yang digunakan
d. Menyimpan semua bahan produksi
e. Merevisi desain
35. Yang tidak termasuk dalam proses purna produksi adalah..
a. Pengujian akhir
b. First testing
c. Beta testing
d. Evaluation
e. Penilaian
36. Tujuan dibuatkanya hak cipta adalah..
a. Menghemat biaya
b. Mencegah perpecahan antar kelompok
c. Melindungi produk
d. Produk yang dibuat mempunyai kekuatan hukum dan tidak ditiru.
e. Memudahkan untuk mendapatkan uang.
37. Release golden master adalah..
a. Mengeluarkan produk multimedia untuk pertama kali..
b. Merevisi desain
c. Menyimpan semua bahan produksi.
d. Penyempurnaan software
e. Mmebangun versi beta
38. Yang tidak termasuk dalam tahapan perencanaan produksi adalah…
a. Storyboard
b. dokumentasi
c. Budgeting
d. menentukan peralatan yang dibutuhkan
e. Scheduling
39. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah…
a. Video
b. image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
40. Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah/membuat animasi adalah..
a. Coreldraw
b. Microsoft word
c. Pothosop
d. Paint
e. Macromedia flash
a. Pre-production, production, post-production
b. Production, pre-production, post-production
c. Production, pre-production, post-production
d. Post-production, pre-production, production
e. Pre-production, post-production, production
22. Di bawah ini bagian dari pre-production, kecuali…..
a. Hunting lokasi
b. Pembuatan storyboard
c. Ide dan konsep
d. Pembuatan script
e. Riset desain
23. Yang merupakan pengertian dari production adalah………
a. Tahap awal pengumpulan semua data dan elemen yang berkaitan dengan produksi
b. Tahap pemyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian yang meliputi pengeditan gambar, penataan title, grafik, animasi, dan special effect, music, sound effect, audio dubbing.
c. Tahap eksekusi lapang berupa syuting, yang mengacu
pada persiapan yang dihasilkan dari proses pre-production
d. Proses pemberian label pada kepingan CD/DVD, dan pembuatan cover CD/DVD tersebut
e. Penjelasan secara singkat tentang ide cerita, yang akan memberikan batasan
dalam pembuatan script, sehingga tidak keluar dari tema.
24. Offline editing merupakan bagian dari proses….
a. Pre-production
b. Editing
c. Production
d. Logging
e. Post-production
25. Di bawah ini merupakan bagiann dari humanware dalam aspek penunjang multimedia, kecuali..
a. Juru kamera
b. Kamera video
c. Sutradara
d. Animator
e. Penulis scenario
26. Langkah terakhir yang dilakukan dalam proses purna produksi adalah..
a. Mengeluarkan produk pertama
b. Pengujian akhir
c. Penilaian
d. Menyimpan semua bahan produksi
e. Meninjau kembali perangkat lunak dan konten
27. Tahap akhir penyempurnaan software atau produk multimedia yang telah dibuat dalam proses produksi, merupakan pengertian dari…
a. Tes awal
b. Membangun versi alfa
c. Evaluasi
d. merevisi desain
e. Membangun versi beta
28. Berikut adalah langkah-langkah dalam penentuan konsep atau ide pada proses pra produksi, kecuali
a. Menentukan judul
b. Menentukan target audience
c. Menentukan rencana kerja
d. Menentukan gambar yang akan ditampilkan
e. Menentukan gaya yang ingin ditampilkan
29. Yang bukan merupakan aspek penunjang dalam membuat produk multimedia adalah.
a. Perangkat lunak
b. Beta testing
c. Hardware
d. Humanware
e. Perangkat keras
30. Yang merupakan pengertian dari storyboard, adalah…
a. Penjabarab tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar
c. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungna dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Daftar table yang ditandai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan.
31. Menentukan bentuk isi cerita yang ingin ditampilkan, informasi property yang akan digunakan, gambar yang akan ditampilkan baik berupa video, animasi maupun image, kebutuhan sound merupakan proses-proses yang dilakukan pada tahap…
a. Penentuan konsep/ide
b. Budgeting
c. Perencanaan produksi
d. Scheduling
e. Desain
32. Yang termasuk dalam aspek penunjang humanware dalam pembuatan produk multimedia adalah…
a. Software
b. Editor
c. Hardware
d. Linier
e. Processor
33. Tidak membuat audience salah persepsi terhadap pesan yang disampaikan adalah maksud dari..
a. Eye contact
b. Misunderstanding
c. Feedback
d. Release golden master
e. Audience effect
34. Beta testing adalah..
a. Pengujian akhir dari penyempurnaan software atau produk multimedia yang melewati proses produksi..
b. Evaluasi kembali produk multimedia yang telah melewati proses produksi
c. Meninjau kembali konsep yang digunakan
d. Menyimpan semua bahan produksi
e. Merevisi desain
35. Yang tidak termasuk dalam proses purna produksi adalah..
a. Pengujian akhir
b. First testing
c. Beta testing
d. Evaluation
e. Penilaian
36. Tujuan dibuatkanya hak cipta adalah..
a. Menghemat biaya
b. Mencegah perpecahan antar kelompok
c. Melindungi produk
d. Produk yang dibuat mempunyai kekuatan hukum dan tidak ditiru.
e. Memudahkan untuk mendapatkan uang.
37. Release golden master adalah..
a. Mengeluarkan produk multimedia untuk pertama kali..
b. Merevisi desain
c. Menyimpan semua bahan produksi.
d. Penyempurnaan software
e. Mmebangun versi beta
38. Yang tidak termasuk dalam tahapan perencanaan produksi adalah…
a. Storyboard
b. dokumentasi
c. Budgeting
d. menentukan peralatan yang dibutuhkan
e. Scheduling
39. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah…
a. Video
b. image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
40. Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah/membuat animasi adalah..
a. Coreldraw
b. Microsoft word
c. Pothosop
d. Paint
e. Macromedia flash
II. Essay
1. Sebutkan 4 perangkat komputer!
2. Sebutkan 5 film Indonesia!
3. Sebutkan 5 film animasi!
4. Sebutkan Alir proses produksi!
5. Apa tujuan dari pembuatan proposal?
PAK TOLONG sertakan JAWABANNYA juga
BalasHapus